Rabu, 03 Maret 2010

Three Day Cleansing : Membersihkan Tubuh Dalam Tiga Hari

Deskripsi :

Nama : Tunggul Putro Aji

NPM : 17108352

Kelas : 3KA17

Mata Kuliah : Bahasa Indonesia 1

Nama Tugas : Soft Skill Bahasa Indonesia, Tulisan 01

Judul : Three Day cleansing : Membersihkan Tubuh Dalam Tiga Hari

Dosen Pengampu : ANA KURNIAWATI, ST ., MMSI


Sub Tulisan :

A. Pendahuluan

B. Manfaat Three Day Cleansing

C. Tahapan melaksanakan Three Day Cleansing

D. Gejala – gejala selama pembersihan

E. Sumber Materi



THREE DAY CLEANSING : MEMBERSIHKAN TUBUH DALAM TIGA HARI



A. Pendahuluan


Berbagai cara dilakukan manusia untuk dapat memperoleh kesehatan lahiriah, diantaranya dengan menjalani bermacam-macam terapi kesahatan, mengikuti pengobatan alternatif, hingga jalur medis. Dengan semakin melonjaknya biaya pengobatan medis ada baiknya kita melakukan tindakan-tindakan pencegahan dan mulai untuk berpola hidup sehat.


Berikut ini adalah beberapa cara untuk membersihkan dan menyembuhkan tubuh yang di kemukakan oleh para ahli :


1. Detoksifikasi oleh dr. N.H. Walker

2. Puasa oleh Dick Gregory

3. Three Day Cleansing oleh dr. Christopher


Seperti yang dikemukakan baru-baru ini para ahli sangat menganjurkan kita untuk berpuasa karena menurut mereka puasa adalah salah satu cara membersihkan tubuh yang baik dan salah satu sarana penyembuh ilmiah yang terbaik.



B. Manfaat Three Day Cleansing


Menurut dr. Christopher ada lima keuntungan yang bias di peroleh dengan mengikuti program terapi three day cleansing, yaitu :


1. Dapat membersihkan lendir-lendir tubuh yang merupakan penyebab polip, tumor, kista, dan penuan dini.

2. Dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan membangun sel-sel tubuh.

3. Dapat memperbaiki kerusakan pada jaringan-jaringan tubuh manusia.

4. Dapat mengaktifkan kembali arus listrik tubuh yang sudah lemah dan membantu kinerja alat-alat pembuangan dalam tubuh.

5. Dan bagi anda yang mempunyai masalah berat badan akan dapat menurunkan berat badannya menjadi normal, sedangkan bagi anda yang kurus dapat juga untuk menaikkan berat badan menjadi normal.



C. Tahapan mlaksanakan Three Day Cleansing


1. Hari Pertama


Pukul 6 pagi minumlah 1 ½ s.d 2 gelas sari pepaya (sekitar 400-500 cc). Jangan menggunakan pepaya yang masih mentah atau yang terlalu matang agar tidak menggumpal ketika dibuat jus. Setengah jam kemudian minumlah sari wortel tanpa dicampur air, garam, gula, atau bahan apapun. Selanjutnya sari wortel sebanyak 3 liter di minum lima atau enam kali sehari. Apabila sari wortel tidak cocok dengan tubuh anda, gantilah dengan sari apel atau sari buah dan sayuran lainnya. Jangan mengkonsumsi makanan selain bahan pembersih.


2. Hari Kedua


Pukul 6 pagi minum sari pepaya 1 ½ gelas. Lalu diikuti dengan sari wortel setengah jam kemudian seperti pada hari pertama. Pada waktu tengah hari makanlah satu batang wortel agar terdapat serat dalam tubuh, di samping itu minumlah satu sendok teh minyak zaitun tiga kali sehari berfungsi sebagai pelumas kerongkongan dan usus.


3. Hari Ketiga


Sama pada hari kedua namun tidak perlu dimulai dengan minum sari pepaya, melainkan langsung minum jus wortel dengan takaran dan aturan seperti pada hari kedua. Tetap memakan sebatang wortel pada waktu tengah hari dan juga tetap meminum minyak zaitun tiga kali sehari sebanyak satu sendok teh. Pada hari ketiga ini Anda akan merasa lapar. Namun jangan khawatir, karena tubuh Anda sedang membersihkan sisa-sisa makanan yang menumpuk.


4. Hari Keempat


Three Day Cleansing sudah selesai. Diperbolehkan makan dan minum selain jus wortel dan pepaya. Dan dianjurkan untuk hanya meminum air putih yang dapat membantu proses membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih menumpuk di dalam tubuh.


5. Hari Kelima dan Seterusnya


Anda diperbolehkan mengonsumsi makanan yang sedikit dimasak (setengah matang) di hari keempat atau hari kelima. Sesudah satu minggu Anda boleh menyantap menu makanan seperti biasa, tentunya dengan memerhatikan hal-hal sebagai berikut :


1. Kurangi makanan dimasak.

2. Kurangi pemakaian garam, gula, dan minyak.

3. Kurangi telur, daging, dan ikan.

4. Jangan minum susu sapi.

5. Jangan makan roti putih, mentega, dan keju.

6. Jangan merokok, minum-minuman keras, kopi dan teh.



D. Gejala-gejala selama pembersihan


Berikut ini gejala-gejala yang sering terjadi ketika melakukan program Three Day Cleansing :


1. Terasa sakit di daerah yang dibersihkan.

2. Akan merasa panik.

3. Sementara waktu akan merasa sakit perut, kepala, bahkan hampir semua tubuh terasa tidak enak, dan kemungkinan juga merasakan sembelit.

4. Ujung-ujung jari tangan dan kaki kadang-kadang terasa seperti ditarik-tarik.


Tubuh Anda tidak akan dapat dibersihkan dengan sempurna hanya dengan satu kali mengikuti program Three Day Cleansing dikarenakan sisa makanan dan kotoran yang telah mengeras dan menumpuk selama bertahun-tahun. Oleh karena itu pembersihan ini dapat dilakukan minimum empat kali dalam setahun, lebih baik lagi jika bisa dilakukan setiap bulan.



E. Sumber Materi


1. Christopher, John R., (1978) Three-Day Cleansing Program, Springville, Utah

2. Dr. R. A. Nainggolan, TERAPI JUS & DIET Cara Alami Menaklukkan 99 Jenis Penyakit, PT AgroMedia Pustaka, Jakarta 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar