Selasa, 23 Maret 2010

Bersatunya Semenanjung Korea

Deskripsi :

Nama : Tunggul Putro Aji

NPM : 17108352

Kelas : 3KA17

Mata Kuliah : Bahasa Indonesia 2

Nama Tugas : Soft Skill Bahasa Indonesia, Tulisan 03

Judul : Bersatunya Semenanjung Korea

Dosen Pengampu : SRI SULISTIYONINGSIH



Sub Tulisan :

A. Profile Korea Selatan

B. Profile Korea Utara

C. Dapatkah Mereka Bersatu

D. Penutup

E. Sumber Materi



BERSATUNYA SEMENANJUNG KOREA



A. Profile Korea Selatan


Republik of Korea atau yang lebih akrab dengan sebutan Korea Selatan, merupakan sebuah negara demokrasi dengan Seoul sebagai ibukota negaranya. Struktur pemerintahan Korea Selatan terbagi menjadi tiga bagian yaitu : eksekutif, yudikatif, dan legislatif. Lembaga eksekutif dipegang oleh presiden dan dibantu oleh seorang perdana menteri. Lembaga yudikatif dipegang pengadilan konstitusional yang terdiri atas 9 hakim. Lembaga legislatif dipegang dewan perwakilan yang menjabat selama 4 tahun.




Korea Selatan merupakan negara yang makmur dan maju dalam segala bidang, hal ini disebabkan oleh kehebatan mereka dalam sektor ekonomi, membuat mereka berada pada posisi ke-12 ekonomi terbesar dunia. Hal itu tentunya tidak didapat dengan cuma-cuma, melainkan dengan hasil kerja keras. Fakta menunjukkan bahwa produk domestik bruto mereka per kapita mencapai hingga 20 kali lipat dari negara tetangganya Korea Utara dan hampir setara dengan negara-negara Uni-Eropa.



Korea Selatan merupakan pemimpin dalam akses kecepatan internet kecepatan-tinggi, semikonduktor memori, monitor layar datar dan telepon genggam. Korea selatan berada pada urutan pertama dalam pembuatan kapal, ketiga dalam produksi ban, keempat dalam karet sintetis, kelima dalam otomotif, dan keenam dalam baja. Tinggkat pengangguran bisa terbilang cukup rendah dan pendistribusian pendapatan mereka yang relatif merata.




B. Profile Korea Utara


Republic Democratic People of Korea atau yang akrab disebut Korea Utara, merupakan satu dari 5 negara sosialis yang masih tersisa hingga saat ini dengan Pyongyang sebagai ibukota mereka. Korea Utara menganut sistem satu partai yang dipimpin oleh Partai Buruh Korea. Gaya pemerintah mereka berdasarkan pada ideologi Juche, yang dibangun oleh Kim Il-sung sebagai pemimpin agung Korea Utara. Setelah meninggalnya Kim Il-sung pada 8 Juli 1994, tampuh kekuasaan Korea Utara dilanjutkan oleh putranya Kim Jong-il.



Kondisi ekonomi Korea Utara berbanding terbalik dengan saudara mereka Korea Selatan yang makmur. Anggaran negara Korea Utara lebih diprioritaskan untuk keperluan belanja militer. Memang Korea Utara bisa dibilang cukup mapan dari segi militer, mereka juga mampu memproduksi sendiri rudal balistik dan senjata nuklir untuk kepentingan pertahanan mereka.




C. Dapatkah Mereka Bersatu

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah dapatkah kedua korea bersatu kembali, dengan mengesampingkan masing-masing ego, dendam, serta luka yang diderita pasca pecahnya Perang Korea yang terjadi pada 25 Juni 1950 dan setelah sekian lama bersitegang, hanya waktu yang dapat menjawab segalanya. Cina, Amerika Serikat, dan Jepang kemungkinan adalah negara yang akan amat terusik apabila kedua korea bersatu kembali. Dengan fakta yang ada, setelah jatuhnya Uni Soviet, jelas Cina menjadi satu-satunya negara yang mempunyai pengaruh paling kuat atas Korea Utara, Amerika Serikat sendiri seperti yang diketahui pengaruhnya sulit untuk dilepaskan oleh Korea Selatan, Sedangkan Jepang mempunyai catatan historis yang kurang baik dengan Korea.



Sebenarnya pembicaraan untuk reunifikasi sudah pernah dibicarakan oleh kedua korea. Dari pihak Korea Utara sendiri menginginkan proses penyatuan kembali kedua korea dengan tanpa adanya campur tangan dari pihak asing. Dan kemungkinan akan adanya pembicaraan lanjutan dari kedua korea untuk membahas proses reunifikasi mereka tetap terbuka lebar.


D. Penutup

Semua orang tentu masih teringat akan detik-detik peristiwa runtuhnya tembok berlin pada 9 November 1989 yang menandai bersatunya kembali Jerman Barat dan Jerman Timur sebagai negara yang utuh seperti sekarang ini. Terlihat pada gambar Euforia masyarakat jerman pada waktu itu, setelah sekian lama mereka terpisah dan dibatasi satu sama lain oleh tembok berlin, yang notabene dibangun sebagai buah dari keegoisan kedua negara adidaya pada waktu itu Amerika Serikat dan Uni Soviet dalam perang pengaruh di seluruh dunia.


Semoga takdir juga berpihak kepada kedua korea, seperti apa yang telah dinikmati oleh rakyat jerman saat ini, karena sungguh ironi yang sangat memilukan ketika kedua saudara harus berpisah dalam jangka waktu yang lama hanya karena perang ideologi yang dikobarkan negara adidaya, dan kedua korea hanyalah salah satu contoh korban dari perang ideologi.

Note : Kedua kontingen Korea Selatan dan Korea Utara berjalan bersama
membawa bendera Reunifikasi Korea
pada Olimpiade 2000 dan 2004




E. Sumber Materi

1. http://id.wikipedia.org/wiki/Korea_Selatan

2. http://id.wikipedia.org/wiki/Korea_utara

3. http://id.wikipedia.org/wiki/Tembok_Berlin

4. www.abc.net.au/news/stories/2009...8972.htm

5. expat21.wordpress.com/2009/02/

6. spitzestudium.com/tembokberlin.php

7. www.mega-flags.com/North-Korea-F...lag.html

8. http://www.mega-flags.com/South-Korean-Flag-South-Korea-Flag.html

9. lovepaula21.blogspot.com/

10. matanews.com

11. http://id.wikipedia.org/wiki/Kim_Il-sung

12. koreareport2.blogspot.com/2010/0...ear.html

13. mysarangsuka.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar